Semuanya Akan Ditentukan di Old Trafford


Semuanya Akan Ditentukan di Old Trafford

Bagi Ruud Van Nistelrooy, Manchester United dan Real Madrid bukan pilihan. Kedua klub yang pernah dibelanya itu sama-sama berkesan baginya. Ia juga tak berani memfavoritkan siapa yang akan menang dalam leg pertama perdelapan final Liga Champions di Bernabeu, Rabu (13/2/13). Yang jelas, pria Belanda itu menganggap faktor stadion akan memengaruhi pertandingan. Kepada Marca, ia menyampaikan argumennya soal pertarungan kedua tim. Berikut petikannya:

Kurang dari sepekan lagi Real Madrid bertemu dengan Manchester United di Liga Champions. Mana yang Anda dukung?

Sulit untuk memilih. Itu seperti memilih satu di antara dua anak saya, saya tidak bisa. Saya mencintai keduanya, saya membagi hati untuk mereka.

Apakah Anda akan pergi ke Bernabeu?
Ya, tentu. Saya sudah merencanakan perjalanan ke Madrid untuk melihat pertandingan besar. Saya punya kesempatan untuk melihat dari jarak dekat, tapi saya tidak akan melewatkan kesempatan untuk menikmati suasana stadion. Liga Champions di Bernabeu sangat luar biasa. Dukungan fan Manchester akan sangat gila. Akan ada dua pendukung yang sama-sama hebat. Saya pergi ke Madrid untuk menikmati pertandingan.

Bagaimana kedua tim akan bermain?
Dua tim sama baiknya. Saya melihat Madrid memperbaiki diri dalam beberapa pekan terakhir. Granada mengalahkan mereka dan saya melihat mereka cukup kuat. Mereka bermain baik melawan Barcelona dan berani menghadapi pertandingan besar. Saya rasa hasilnya akan ditentukan detil kecil.

Siapa yang lebih favorit?
Tidak ada. Bagi saya, perbedaan akan berada pada kebugaran Cristiano Ronaldo dan Van Persie. Dua pemain itu akan membuat perbedaan.

Siapa yang lebih memiliki skuat dan individu lebih baik?
Madrid lebih memiliki kualitas. Tapi Manchester menang dan menang di setiap pekan. Kalah 0-2 lalu bangkit, menang 1-0 dan menguasai permainan. Manchester punya banyak pemain bagus. Mereka bertahan bersama lalu Van Persie dan Rooney berperan. Madrid, dengan adanya pemain cedera, tidak bisa menciptakan pertahanan dan mengulang kesolidan tim di setiap pekan.

Pepe dan Marcelo masih cedera, Higuain dan Benzema masih dirotasi, Di Maria tak selamanya bermain...cedera Iker tak membantu karena dia sangat berpengalaman. Saat ini Madrid memiliki banyak masalah untuk membangun pertahanan dan mendukung permainan Ozil dan Ronaldo. Di luar semua itu, pertandingan itu akan menjadi pertandingan yang menarik.

Anda mengenal baik Ferguson. Bagaimana ia akan memainkan pertandingan di Bernabeu?
Dia akan mengontrol tensi, tapi tetap mencetak gol di Bernabeu. Dia tidak akan menyerang sejak menit pertama, tapi akan mencetak gol di setiap ada kesempatan. Semuanya akan ditentukan di Old Trafford.

Siapa yang akan lebih banyak memegang bola, Manchester atau Madrid?
Saya yakin Manchester akan membiarkan Madrid menguasai bola dan mencari kesempatan dengan kecepatan melalui Valencia, Rooney, dan Van Persie. Mereka tidak akan membiarkan (Madrid) menyerang, tetapi memberikan bola.

Apa yang harus diwaspadai Madrid?
Manchester tak perlu banyak peluang untuk mencetak gol. Anda berikan satu peluang untuk Van Persie atau Rooney dan mereka akan menusuk ke dalam. Tidak akan gagal. Saat Anda menciptakan peluang anda harus memastikan hasilnya. Di Manchester mereka gila saat berlari karena tema besar Ferguson dalam laga ini adalah permainan tanpa bola.

Akankah hasilnya sama dengan 10 tahun lalu?
Bisa saja. Babak gugur sangat mengesankan. Saya berbicara banyak dengan (Fernando) Hierro tentang dua pertandingan itu dan dia setuju bahwa pertadingan sangat luar biasa, 3-1 di leg pertama dan 4-3 di kandang Manchester. United tampaknya akan kalah, tapi saya setuju dengan Hierro yang berpendapat lima menit terakhir sangat menentukan bagi mereka. Old Trafford jauh lebih menekan.

Seberapa berkesan stadion itu?
Di sana berebda. Bernabeu berkesan karena struktur, (peristiwa) Redondo...Old Trafford lebih tradisional dan tua. Ada dua panggung yang tak menakjubkan. Bagi saya Bernabeu menakutkan, ketika saya ke Manchester, saya menikmati pertandingan. Tapi saya memahami ada sejumlah pemain yang bisa tertekan di sana. Untuk itu, latihan di sana sehari sebelum pertandingan akan sangat baik. Jika Anda ke sana tanpa pernah melihat sebelumnya, sekalipun Anda memiliki orang-orang pemberani di Bernabeu, Anda bisa dipermalukan.

Apakah lapangan akan menjadi faktor yang menentukan?
Saya tidak tahu apakah itu akan menentukan, tapi akan berpengaruh. Old Trafford dan tekanan di Manchester lebih besar dan mereka sangat kuat di kandang tahun ini. Mereka tahu itu. Kembali ke kandang akan sangat berarti bagi mereka.

Apa yang akan diterima Ronaldo di Old Trafford?
Dia akan mendapat sambutan meriah. Saya hadir saat peluncuran patung Sir Alex di Old Trafford dan Cristiano memberikan pesan melalui layar raksasa. Orang-orang berdiri dan memberi tepuk tangan. Di sana, mereka mencintai dia (Ronaldo)

Akankah Van Persie mencetak lebih banyak gol ketimbang Benzema atau Higuain?
Saat ini ya. Van Persie memiliki dua musim dengan level yang spektakuler. Dia mencetak lebih banyak gol ketimbang "El Pipita" - julukan Higuain - dan Karim. Tapi itu bukan berarti mereka tidak bisa mengalahkan MU. Saat ini, ketika Anda memikirkan Madrid-Manchester, hal pertama yang muncul di pikiran adalah Ozil-Cristiano versus Van Persie-Rooney. Tapi Anda tidak pernah tahu. Dalam El Clasico terakhir, (pertarungan) Cristiano dan Messi tidak terlihat.

Apa yang akan menjadi hal yang tak terduga? Siapa yang Anda harapkan?
(Predrag) Mijatovic selalu mengatakan pada saya, dia tidak bahagia saat memenangkan Liga Champions karena tak mencetak gol. Dan lihat, dia mencapai final dan meraih gelar. Saya ingin mengatakan ada target yang berubah di sepanjang tahun. Ini akan menjadi motivasi untuk pemain lain, Higuain misalnya.

Anda mungkin tak mencetak gol, tetapi ketika Anda datang ke sebuah pertandingan Anda tahu satu gol dapat merubah semuanya. Dan ketika Anda salah, motivasinya semakin luar biasa. Kita harus berjuang dan selalu yakin. Kunci untuk mencetak gol dalam pertandingan ini adalah anda harus bergerak.

Apakah Anda tahu dengan obsesi La Decima. Seberapa mungkin itu bisa diwujudkan?
Itu dahsyat, tapi juga manis. Bagi Madrid, memenangkan Gelar Eropa adalah sesuatu yang hebat. Saya juga seperti itu cuma kurang beruntung tidak memenangkannya.

Champions? Apakah Madrid lebih terobsesi ketimbang Manchester?
Saya rasa demikian. Di ruang ganti akan seperti itu karena Ferguson dan Mourinho menginginkan hal yang sama. Ini adalah tantangan yang tidak mustahil bagi kedua klub. Tapi obsesi itu menular ke seluruh Madrid dan keinginan untuk itu terus membesar. La Decima adalah yang diinginkan Madrid.

Apakah itu akan memberikan efek negatif terhadap pemain?
Itu tergantung karakter pemain. Secara umum tidak masalah, karena mereka selalu mendapat tekanan setiap hari.

Seberapa besar tekanan media memengaruhi atmosfir pertandingan?
Saya tidak tahu. Pertandingan itu penuh tekanan. Setiap orang menontonnya, juga atmosfir stadion...seperti yang sudah saya katakan, atmosfir Liga Champions di Bernabeu sangat luar biasa. Tapi lebih dari sekadar lingkungan, mereka memiliki pemain yang mengesankan di lapangan. Ketika saya bermain melawan Madrid, mereka memiliki Zidane, Figo, Ronaldo, Raul, Roberto Carlos, Fernando Hierro...sebuah tim besar. Dan kami memiliki Beckham, Scholes, Giggs, Veron...

Saat ini, mereka adalah Cristiano, Ozil, Benzema, Rooney, Van Persie...mana yang lebih hebat, sekarang atau 10 tahun lalu?
Itu sangat sulit (Nistelrooy berpikir beberapa detik dan menyebut beberapa pemain sambil berbisik) Saya rasa saya melihat lebih banyak yang spektakuler pda 2003. Saat itu ada Zidane, Figo, Ronaldo...

Cristiano tidak kalah dengan pemain-pemain itu. Apakah Anda merasa dia akan bisa mencapai level itu?
Ya. Saya selalu melihat dia sebagai seseorang dengan potensi luar biasa. Akan sangat menarik melihat duelnya dengan Rafael. Di posisinya, Marcelo juga sangat, sangat cepat. Ia memiliki pertahanan dan penyerangan yang lebih baik dari Ronaldo. Akan menjadi pertandingan yang menarik.

Apakah Anda merindukan suasana seperti Rabu malam nanti?
Kami selalu bersama. Saya gembira dengan keputusan yang sudah saya ambil. Saya harus memutuskan kapan saya pensiun, itu sangat penting bagi saya. Saya memiliki kebanggaan dan saya mulai merasa saya tidak lagi seperti dulu sebelum saya berkata, ini waktunya untuk berhenti. Saya bermain cukup lama dan meraih level tertinggi saya. Sekarang saya menikmati kehidupan bersama keluarga, saya bisa merencanakan liburan, main ski...saya menikmati sepakbola sebagai seorang fan dan saya rasa saya memiliki rencana di masa depan. Sekarang saya gembira.



0 $type={blogger}:

Post a Comment