Pertama di Dunia, Kartu Nama Digital Android



Aplikasi Kwartu di HTC Desire U
             

Kartu nama, atau business card, sudah menjadi bagian penting bagi seorang pebisnis atau siapapun yang tinggal di lingkungan perkantoran.
Tapi, pernahkah Anda lupa membawa kartu nama saat bertemu mitra atau client baru? Sebagian besar dari kita pasti pernah mengalaminya. Kini, Anda bisa mengantisipasinya dengan Kwartu.

Kwartu adalah kartu nama digital yang terdiri dari aplikasi bergerak, atau mobile apps, yang terpasang di perangkat telepon dan website Kwartu.

Tampilan Kwartu tak berbeda dengan kartu nama biasa. Di dalamnya, Anda bisa menemukan nama, jabatan, alamat, dan nomor telepon.

Keistimewaannya, Kwartu juga menyediakan tautan atau link untuk langsung terhubung ke akun e-mail, Facebook, Twitter, Linkedin, Youtube, blog, dan lain sebagainya, di samping data-data pokok di atas.

Ide membuat aplikasi ini datang ketika seorang bernama Nurmanjaya, penggagas Kwartu, kewalahan mencari kontak dari kartu nama biasa.

"Lagipula, kartu nama ini bebas kertas, selaras dengan kampanye pelestarian lingkungan hidup, terutama hutan," kata Nurmanjaya, melalui keterangan yang diterima VIVAnews, 15 Februari 2013.

"Ditambah dengan perkembangan gaya hidup masyarakat ke arah digital. Tentu saja, penggunaan kartu nama digital akan lebih mudah ketimbang kartu nama biasa," tambah Nurman.

Serba sentuh
Selain data standar seperti nama, alamat dan nomor telepon, Kwartu menyediakan link ke situs pribadi, blog, media sosial dan akun-akun pribadi yang lain. Semua itu diakses hanya dengan sentuhan.

Kwartu bersifat sangat personal. Anda dapat memilih sendiri desain, tata letak, hingga jenis dan warna huruf. Dan, semua itu bisa diubah kapan saja.

Melalui aplikasi bergerak, orang bisa mendaftar, mengisi data-data yang akan dicantumkan pada Kwartu, menentukan desain, tata letak (lay-out) maupun jenis dan warna huruf.

Hampir semua bagian yang ada pada Kwartu merupakan "pintu gerbang" menuju tautan-tautan tertentu. Bila bagian nama disentuh, akan muncul deretan tautan ke website, blog, akun media sosial, dan akun-akun lain yang terkait dengan nama bersangkutan.

Demikian juga apabila bagian nomor telepon disentuh, akan muncul dial pad yang siap untuk menyambungkan panggilan telepon ke nama yang bersangkutan. Sementara bila bagian alamat e-mail disentuh, akan muncul pilihan e-mail client. Misalnya Gmail, yang bila disentuh akan menampilkan format e-mail yang siap ditulis dan dikirimkan ke nama yang bersangkutan.

Dan, apabila bagian alamat lokasi/domisili disentuh, akan muncul pilihan Google Maps yang akan menghadirkan peta lokasi dari alamat tersebut mengandalkan teknologi GPS.

"Apapun yang diubah pada sebuah Kwartu akan diperbaharui secara real-time di semua telepon selular mitra yang menyimpannya. Tak ada lagi nomor telepon atau alamat yang kadaluwarsa," jelas Nurman.

Tak sabar mau mencobanya? Kwartu dapat diunduh secara gratis dari Google Play Store. Untuk sementara, Kwartu hanya tersedia untuk perangkat Android.

0 $type={blogger}:

Post a Comment