Duet Mozilla dan Chrome Ciptakan Fitur yang Bisa Chat Langsung dari Browser


Kabar gembira untuk pengguna browser Firefox dan Google Chrome. Mozilla dan Google kini telah mengintegrasikan fitur WebRTC RTCPeerConnection ke dalam browser mereka.

Dengan adanya kolaborasi ini, pengguna Firefox dan Chrome kini bisa berkomunikasi lebih mudah. Mereka dapat membuat panggilan suara maupun video secara langsung melalui browser mereka masing-masing. Hebatnya, komunikasi langsung dari browser ini bisa dilakukan tampa harus menginstall aplikasi pihak ketiga.

"Karena fungsi ini sekarang sudah terintegrasi ke dalam browser, pengguna dapat terhindar dari masalah penginstalan," kata Mozilla melalui keterangan tertulis, Rabu (06/2/2013).

Untuk menguji cobanya, Mozilla mengontak teman-teman mereka di Google untuk berdiskusi secara online melalui browser masing-masing. Demo panggilan video Firefox-Chrome dilakukan antara Chief Innovation Officer Mozilla, Todd Simpson dan Director of Product Management Google, Hugh Finnan (lihat video di bawah ini).

Selain melakukan panggilan suara atau video, pengguna juga dapat mengirim foto, video, tautan berita, dan lain-lain, cukup dengan melakukan drag-and-drop file yang ingin dibagi ke jendela obrolan video Anda.

Tujuan dari WebRTC adalah untuk menyediakan sebuah platform umum bagi semua piranti pengguna untuk berkomunikasi dan berbagi suara, video, dan data dalam waktu singkat. WebRTC saat ini juga sedang didefinisikan di organisasi standar W3C dan IETF sebagai standar terbuka.

0 $type={blogger}:

Post a Comment